Sabtu, 17 Oktober 2009

kekuasaan menurut French & Raven

Model kekuasaan menurut French & Raven :
Coercive
Adalah suatu kekuasaan yang didasarkan atas persepsi bawahan bahwa pemimpin mempunyai kemampuan memberikan hukuman bagi bawahan yang tidak mengikuti arahan-arahan pemimpinnya. Dari kekuasaan yang dimiliki itumembuat orang lain merasa takut.
Contohnya: antara bos dengan bawahannya, jika bawahan tidak serius melaksanakan pekerjaannya maka dengan kekuasaan yang dimilikinya itu bos bisa menurunkan gajinya.
Insentif Power
Adalah suatu kekuasaan yang didasarkan atas persepsi bawahan bahwa pemimpin mempunyai kemampuan dan sumberdaya untuk memberikan penghargaan kepada bawahan yang mengikuti arahan-arahan pemimpinnya.
Pematuhan yang dicapai berdasarkan kemampuan untuk membagikan imbalan yang dipandang orang lain berharga imbalan itu bisa dalam bentuk uang, prestasi kerja, tugas kerja yang menarik dan rekan kerja yang ramah.
Contohnya: Baby sitter yang sudah sangat telaten mengurus anak majikannya maka ketika majikannya itu merasa puas dengan pekerjaannya maka majikannya itu memberikan imbalan kepedanya dan imbalan itu berupa uang yang berharga bagi dirinya.
Legitimate Power
Adalah Suatu kekuasaan yang didasarkan atas persepsi bawahan bahwa pemimpin mempunyai hak untuk menggunakan pengaruh dan otoritas yang dimilikinya.
Kekuasaan ini adalah resmi yang diberikan seseorang dari suatu organisasi.
Contohnya : Kepala sekolah yang bisa dengan cepat memberikan pengaruh kepada para poengajarnya.
Legitimate Power
Adalah suatu kekuasaan yang didasarkan atas persepsi bawahan bahwa pemimpin adalah seeorang yang memiliki kompetensi dan mempunyai keahlian dalam bidangnya.
Pengaruh itu berdasarkan dengan kekuasaan dari keahklian yang dimiliki.
Contoh: Doketer kepada pasiennya, doketr bisa saja melarang atau menyuruh kepada pasien untuk kesehatannya.
Reference Power
Adalah yang didasarkan atas identifikasi (pengenalan) bawahan terhadap sosok pemimpin. Para pemimpin dapat menggunakan pengaruhnya karena karakteristik pribadinya, reputasinya atau karismanya.
Contohnya ; Seorang artis yang dikagumi fansnya, maka fansnya itu akan menjadikan dirinya agar terlihat mirip degan artis yang diidolakannnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar